Seputar Tentang Arsitektur Vernakular !

Arsitektur vernakular adalah arsitektur yang terbentuk dari proses yang berangsur lama dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya. Vernakular, berasal dari vernacullus yang berarti lokal, pribumi. Pembentukan arsitektur berangsur dengan sangat lama sehingga sikap bentuknya akan mengakar. Latar belakang indonesia yang amat luas dan memiliki banyak pulau menyebabkan perbedaan budaya yang cukup banyak dan arsitektur merupakan salah satu parameter kebudayaan yang ada di indonesia karena biasanya arsitektur terkait dengan sistem sosial, keluarga, sampai ritual keagamaan.


 Rumah Tongkonan (Rumah Adat Toraja) merupakan contoh Arsitektur Vernakular.



Tongkonan adalah rumah khas masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan Indonesia.
Tongkonan digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat.Tongkonan berasal dari kata Tongkon yang kalau kita artikan kedalam bahasa Indonesia berarti duduk bersama-sama.Tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau peran dalam masyarakat.Didepan Tongkonan terdapat lumbung padi yang disebut Ala,didepan bagian lumbung terdapat berbagai ukiran antara lain bergambar ayam dan matahari yang melambangkan atau simbol untuk menyelesaikan perkara.

. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
1992 tahun dimana saya lahir untuk melihat kenyataan yang ada didunia yang fana... Dalam Blog ini saya hanya mencoba untuk mengaplikasikan esensi sebuah kalimat saya,bahwa 'Berfikir untuk kedepan itu akan mendukung proses kita dalam menuju kelanjutan hidup yang lebih efektif